KULIAH KERJA NYATA ( KKN ) MANDIRI

PROPOSAL

Di Ajukan Untuk Memenuhi Kuliah Kerja Nyata ( KKN )

Di susun oleh kelompok :

Ketua : Asep Nurwahid ( 06410234 / PAI )

Sekretaris : Casini  ( 06460878 / Biologi )

Bedahara : Kokom Nur’aqliah ( 06440694 / IPS )

Anggota : ( Terlampir )

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI ( IAIN )

SYEKH NURJATI

CIREBON

2010


KATA PENGANTAR

Bismillahrrahmaanrrahiim,,,

Puji syukur alhamddulilah penyusun panjatkan ke- Hadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kami sehingga kami dapat menyelesaikan proposan Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) ini tepat pada waktunya.

Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) merupakan mata kuliah yang wajib di laksanakan oleh semester VIII dan wajib di ikuti bagi yang telah memenuhi syarat. Tujuan dari KKN tak lain hanyalah suatu pembelajaran dan pengabdian langsung di masyarakat. Bagaimana peran mahasiswa di masyrakat sehingga memperoleh ilmu yang bermanfaat yang tidak di dapatkan di kampus. Dari KKN ini mahasiswa akan di latih bagaimana memecahkan masalah yang ada di masyarakat guna mencapai kehidupan masyarakat yang sejahtera.

Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam pembuatan proposal ini . Pembuatan proposal ini masih jauh dari sempurna kritik dan saran kami tunggu untuk pembelajaran pembuatan proposal selanjutnya.

Cirebon, 25 Februari 2010

Penyusun

BAB I

PENDAHULUAN


A. Latar Belakang

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan wadah bagi mahasiswa dalam menerapkan ilmu – ilmu yang diperoleh dari Perguruan Tinggi di masyarakat. Pelaksanaan KKN sebagai wahana pengabdian masyarakat diharapkan juga dapat mengembangkan kemampuan praktis mahasiswa dalam menyerap keahlian yang ada dimasyarakat. Sehingga KKN diharapkan mampu membantu menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat dengan mengoptimalkan sumber daya yang ada. Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang lahir dari proses pembangunan, pada hakekatnya merupakan pelaksanaan dari falsafah pendidikan nasional, dalam rangka Tri Darma Perguruan Tinggi.

Kuliah kerja nyata ( KKN ) juga merupakan salah satu mata kuliah dalam perguruan tinggi. Dalam kegiatan ini, mahasiswa melakukan segala tugas-tugas yang merupakan penerapan kegiatan akademik yang diwujudkan dalam kegiatan langsung oleh mahasiswa di lingkungan masyarakat atau lembaga. Harapannya, mahasiswa memperoleh pengalaman yang dapat meningkatkan kedewasaan atau profesionalisme untuk memperbaharui dan mewujudkan tatanan kehidupan masyarakat yang lebih baik.

Dalam kaitannya dengan penelitian, mahasiswa diajak untuk meneliti dan merumuskan masalah yang kompleks, menelaah potensi-potensi dan kelemahan dalam masyarakat (sekolah) dan merumuskannya. Dengan makin tingginya ilmu pengetahuan dan teknologi, maka mahasiswa dituntut untuk mengembangkan ilmu pengetahuan agar dapat berdaya dan berhasil guna. Oleh karena itu, teori yang didapatkan dari bangku kuliah diharapkan dapat diterapkan di lapangan. Pengetahuan teoritis belumlah dapat memberikan gambaran yang konkret jika belum diterapkan di lapangan.

Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat adalah suatu kegiatan intrakurikuler wajib yang memadukan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan metode pemberian pengalaman belajar dan bekerja kepada mahasiswa, dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat. KKN juga merupakan wahana penerapan serta pengembangan ilmu dan teknologi, dilaksanakan di luar kampus dalam waktu, mekanisme kerja, dan persyaratan tertentu.

Oleh karena itu, KKN diarahkan untuk menjamin keterkaitan antara dunia akademik-teoritik dan dunia empirik-praktis. Dengan demikian akan terjadi interaksi sinergis, saling menerima dan memberi, saling asah, asih, dan asuh antara mahasiswa dan masyarakat. Melalui KKN mahasiswa memperoleh pengalaman belajar dan bekerja dalam kegiatan pembangunan masyarakat sebagai wahana penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Secara lebih nyata, KKN merupakan media penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi di masyarakat secara sistematis dalam program pemberdayaan masyarakat. KKN juga diharapkan menjadi pendorong pengembangan riset terapan secara mutualistik dalam rangka membantu menyelesaikan permasalahan di masyarakat.

Kegiatan KKN diharapkan dapat mengembangkan kepekaan rasa dan kognisi sosial mahasiswa. Bagi pemerintah daerah dan masyarakat setempat, kegiatan KKN dapat membantu percepatan proses pembangunan serta membentuk kader penerus kegiatan pembangunan.

Kegiatan KKN yang akan kami lakukan di Desa Kedungsana Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon. Desa kedungsana ini berbatasan dengan :

Batas Desa / kelurahan Kecamatan
Sebelah utara Dana Mulya Plumbon
Sebelah selatan Karang Asem Plumbon
Sebelah timur Tegalsari Plered
Sebelah barat pesanggarahan Plumbon

Desa Kedungsana memiliki luas pemukiman sekitar 19, 1055 ha / m, luas persawahan 105.3000 ha / m, luas perkebunan 1.7500 ha / m, perkantoran 0,0400 ha / m, dan luas prasana umum lainya adalah 0, 2569 ha / m, dengan demikian luas totalnya adalah 126, 4524 ha / m.

Potensi sumber daya air di Kedungsana ini terdiri dari  :

Jenis Jumlah Unit Pemanfaat ( KK ) Kondisi

Baik / rusak

Sumur gali 537 568 baik
Sumur pompa 170 197 baik
Sungai 1 233 rusak
Depot isi ulang 2 150 baik

Selain dari sumber daya air berikut akan di uraikan mengenai tenaga kerja yang ada di Kedungsana :

TENAGA KERJA LAKI – LAKI PEREMPUAN
Penduduk usia 18 – 56 yang bekerja 1206 orang 1256 orang
Penduduk usia 18 – 56 yang tidak bekerja 59 orang 70 0rang
Penduduk masih sekolah umur 7 – 18 tahun 50 % 54 %

Di desa Kedungsana ini mempunyai jumlah penduduk 2106 laki – laki dan 2069 perempuan dengan mayoritas beragama islam. Alasan kami memilih desa ini sebagai tempat KKN adalah karena banyak sekali faktor yang perlu di kembangkan di sana. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan pamong desa di sana tingkat pendidikan di sana masih rendah masyarakat nya pun masih memegang adat istiadat yang kuat.

Kepala desa di Kedungsana sudah menyetujui KKN di laksanakan di sana dan menurut beliau sangat senang sekali jika mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon melakukan pembelajaran KKN di sana guna mewujudkan masyarakat yang maju dan sejahtera.

B. Rumusan Masalah

(1)         Bagaimana mahasiswa menjadi sarjana penerus pembangunan yang mampu menghayati permasalahan komplek yang dihadapi masyarakat dan belajar menanggulangi permasalahan tersebut ?

(2)         Bagaimana peran dan hubungan perguruan tinggi dengan masyarakat, pemerintah daerah dan instansi lain yang terkait sehingga memperoleh umpan balik dalam rangka peningkatan relevansi Tridharma Perguruan Tinggi ?

(3)         Bagaimana sikap mahasiswa dalam pengembangan bidang – bidang yang bermanfaat di masyarakat ?

C. Tujuan

Tujuan dari kegiatan ini adalah:

(1)         Mempersiapkan mahasiswa menjadi sarjana penerus pembangunan yang mampu menghayati permasalahan komplek yang dihadapi masyarakat dan belajar menanggulangi permasalahan tersebut secara pragmatis dan terpadu.

(2)          Mendekatkan perguruan tinggi dengan masyarakat, pemerintah daerah dan instansi lain yang terkait sehingga memperoleh umpan balik dalam rangka peningkatan relevansi Tridharma Perguruan Tinggi dengan tuntutan pembangunan.

(3)          Mengembangkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan mahasiswa melalui penerapan ilmu, teknologi dan seni di bidang pertanian dalam arti luas melalui pengembangan kewirausahaan serta melatih mahasiswa untuk bekerjasama antar bidang keahlian secara terpadu.

D. Sasaran

Pada dasarnya kegiatan KKN diarahkan kepada 3 sasaran, yaitu :

a. Mahasiswa

1. Memperdalam pengertian, penghayatan, dan pengalaman mahasiswa tentang:

  1. Kegunaan hasil pendidikan dan penelitian bagi pembangunan pada umumnya dan pembangunan daerah pedesaan pada khususnya.
  2. Kesulitan yang dihadapi masyarakat dalam pembangunan serta keseluruhan konteks masalah pembangunan pengembangan daerah.

2. Mendewasakan alam pikiran mahasiswa dalam setiap penelaahan dan  pemecahan masalah yang ada di masyarakat secara pragmatis ilmiah.

3. Membentuk sikap dan rasa cinta, kepedulian sosial, dan tanggung jawab mahasiswa terhadap kemajuan masyarakat.

4. Memberikan ketrampilan kepada mahasiswa untuk melaksanakan program-program pengembangan dan pembangunan.

5. Membina mahasiswa agar menjadi seorang innovator, motivator, dan  problem solver.

6. Memberikan pengalaman dan ketrampilan kepada mahasiswa sebagai kader pembangunan.

b. Masyarakat (dan Pemerintah)

  1. Memperoleh bantuan pikiran dan tenaga untuk merencanakan serta melaksanakan program pembangunan.
  2. Meningkatkan kemampuan berfikir, bersikap dan bertindak agar sesuai dengan program pembangunan.
  3. Memperoleh pembaharuan-pembaharuan yang diperlukan dalam pembangunan di daerah.
  4. Membentuk kader – kader pembangunan di masyarakat sehingga terjamin kesinambungan pembangunan.

c. Perguruan tinggi

  1. Perguruan tinggi lebih terarah dalam mengembangkan ilmu dan pengetahuan kepada mahasiswa, dengan adanya umpan balik sebagai hasil integrasi mahasiswa dengan masyarakat. Dengan demikian, kurikulum perguruan tinggi akan dapat disesuaikan dengan tuntutan pembangunan. Tenaga pengajar memperoleh berbagai kasus yang dapat digunakan sebagai contoh dalam proses pendidikan.
  2. Perguruan tinggi dapat menjalin kerjasama dengan instansi pemerintah atau departemen lainnya dalam melaksanakan pembangunan dan pengembangan IPTEK.
  1. Perguruan tinggi dapat mengembangkan IPTEK yang lebih bermanfaat dalam pengelolaan dan penyelesaian berbagai masalah pembangunan.

E.  Keluaran (Output)

Keluaran dari kegiatan ini adalah sejumlah hasil kegiatan pemberdayaan masyarakat (dalam bentuk laporan  hasil kegiatan, dokumentasi aktivitas lapang, publikasi, dll). Kegiatan – kegiatan yang ada di masyarakat yang telah dirintis, dalam kegiatan ini diharapkan  dapat terus tumbuh di masyarakat dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

BAB II

PENGELOLAAN KULIAH KERJA NYATA ( KKN )

A.  METODE PELAKSANAAN PROGRAM

  1. Persipan

Yaitu perizinan dan perencanaan kegiatan KKN

  1. Pelaksanaan

Mahasiswa terjun ke lapangan dan mengadakan rapat koordinasi, serta pembuatan kelengkapan administrasi.

3.   Evaluasi Program

Pembenahan akhir dan pemantauan pelaksanaan tugas yang telah dilaksanakan

  1. Penyusunan laporan

Pembuatan laporan sebagai rekomendasi dari kegiatan yang telah dilaksanakan

B. Persyaratan Peserta

Peserta kegiatan ini adalah mahasiswa Semester VIII  IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang sudah memenuhi persyaratan sebagaimana mestinya.

C. Lama Kegiatan

Kegiatan lapangan dilaksanakan maksimum 40 hari

D. LEMBAGA PENGELOLA

Pelaksanaan KKN dikelola oleh Kepala Bidang Pengelolaan KKN dengan tugas dan wewenang sebagai berikut:

  1. Bertindak sebagai koordinator dalam pelaksanaan KKN.
  2. Merencanakan, membuat keputusan, mengarahkan, mengkoordinasi, mengawasi, mengevaluasi dan mengembangkan pelaksanaan KKN PPM.
  3. Bertanggung jawab kepada Kegiatan KKN.

E. KEPENGURUSAN KULIAH KERJA NYATA ( KKN )

1)      Dosen Pendamping Lapangan

a. Nama                 :

b. NIP                   :

2)       Ketua                   :   Asep Nurwahid

3)       Sekretaris             :  Casini  dan Gilang Kenari

4)       Bendahara            :  Kokom Nur’aqliyah dan Nurkhasanah

5)       Humas                  :  Siti Komariah,  Izmullabib dan Taufik Hidayat

6)       Konsumsi             :  Syuhadah + Mas’adah

F. Anggota KKN

No Nama Nim Jurusan
1 Asep Nurwahid 06410234 PAI – 1
2 Taufik Hidayat 06410266 PAI – 1
3 Raskadi 06430607 MTK
4 Kokom Nur’aqliyah 06440694 IPS
5 Ibnu Abas 06440689 IPS
6 Dian Anggraeni 06440683 IPS
7 Casini 06460878 Biologi
8 Suhadah 06460909 Biologi
9 Nurkhasanah 06430424 Biologi
10 Gilang Kenari 06430585 B. Inggris
11 Siti Komariah 06430614 B. Inggris
12 Mas’adah 06430602 B. Inggris
13 Moh. Munif 06310080 AAS
14 Izmullabib 06431010 B. Inggris
15 Ahmad Said 06430576 B. Inggris

Berdasarkan latar belakang dan uraian di atas besar harapan Kami untuk di setujui untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) di Desa Kedungsana kecamatan Plumbon kabupaten Cirebon. Demikian kami buat dengan sesungguhnya.

Mengetahui

Cirebon, 25 Februari 2010

Ketua KKN                                                          P3M

___________________                                   ___________________

About these ads